Profile PRFM 107.5



Profil PRFM 107.5 (PT. Mustika Parahyangan) Bandung

 

      Radio PRFM adalah bagian dari grup perusahaan media terbesar di Jawa Barat, Pikiran Rakyat Group. Mengudara sebagai radio berita pada 8 November 2009, PRFM memiliki sejarah panjang dalam industri radio di Kota Bandung. Sejak bergabung dengan Pikiran Rakyat Grup pada tahun 1989, PT. Mustika Parahyangan beberapa kali mengubah format siarannya, mulai dari format radio wanita, radio dangdut dan musik daerah, hingga kembali ke radio wanita dengan brand Radio Mustika.


    Semangat Pikiran Rakyat Group untuk menyinergiskan seluruh anak perusahaanya menjadi media pemberitaan, sebagaimana induknya HU. Pikiran Rakyat yang terlebih dahulu menuai sukses, membuat PRFM pun memantapkan diri berubah menjadi Radio Berita. Pada format inilah, PRFM menemukan bentuk terbaiknya. Mulai dari meraih banyak pendengar, berkali-kali meraih penghargaan, hingga untung dari sisi bisnis.

Sejak berdiri pada 2009, PRFM tak pernah absen dari penghargaan setiap tahunnya. Mulai dari :

      • Pemenang  KPID Jabar Award kategori Program Berita Radio pada 2010
      • Juara 1 News Presenter Radio Jawa Barat pada 2011
      • Juara 3 Nasional dalam Indonesia Radio Award pada 2012
      • Pememenang KPID Jabar Award kategori Program Berita Radio pada 2013
      • Pemenang Fikom Unisba Award 2013
      • Pememenang KPID Jabar Award kategori Program Berita Radio pada 2014
      • Pememenang KPID Jabar Award kategori Program Talkshow Radio pada 2014
      • Piala Gold Layang Kencana Award untuk Iklan Radio pada 2014
      • Piala Silver Layang Kancana Award untuk Iklan Layanan Masyarakat pada 2014
      • Pememenang KPID Jabar Award kategori Program Berita Radio pada 2015
      • Dan beberapa sertifikat penghargaan dari berbagai institusi.


      Konsep Program Siaran

      PRFM sebagai radio berita, menerapkan konsep citizen journalism sebagai tulang punggung pemberitaanya. Hal tersebut yang membuat PRFM memiliki kecepatan mengendus peristiwa yang terjadi di lapangan, dan dikuatkan dengan konfirmasi kepada pihak berwenang. Lebih dari 100 ribu pendengar di Bandung yang teregistrasi dan aktif menyampaikan informasi setiap saat. Serta puluhan ribu audiens kami yang menguatkan melalui media sosial, mulai dari twitter @PRFMnews, facebook PRFM News Channel, instagram PRFMnews, dan line PRFMnews.

      Kedekatan dengan narasumber juga menjadi kekuatan PRFM. Akses kepada narasumber Ring 1 di lingkungan Istana Negara, meteri, gubernur, walikota, bupati, hingga tingkat paling rendah di RT/RW dan Kepolisian Sektor. Hal ini membuat PRFM mampu menyajikan informasi yang berimbang dan terkonfimasi dalam setiap bahasannya.

      Ada beberapa program unggulan di PRFM, diantaranya ada program harian seperti Citizen Report, Citizen Opinion, Expert Voice, Comprehensive News, Patroli 86, Sport News, Info Cuaca, Traffic Report, Pasar Rupiah dan News Flash. Sementara untuk program mingguan, adalah: Ridwan Kamil ngaBANDUNGan, Bincang Malam, Gebyar Marketing, Tanya Dokter, Muda Bandung, Ngaguar Waris, Sampurasun PKK, Inspirasi Rohani, Inspirasi Pagi, dan Kisah Persib.

      Selain dukungan tekhnologi siar yang handal, PRFM juga berkembang pesat di bidang digital. Mulai dari portal news yang up to date www.prfmnews.com, streaming, podcast, PRFM TV on Youtube, aplikasi di android, serta eksis di semua media sosial mulai dari facebook, twitter, instagram, line, dan whatsapp.



      VISI MISI

      Visi:

      1. PT. Mustika Parahyangan / PRFM 107.5 News Channel menjadi penyelenggara siaran radio yang  informatif, interaktif dan menghibur, dengan berintikan pada berita, informasi, musik dan bentuk program lainnya.
      2. Penyelenggaraan radio siaran dilandasi oleh amanat UUD’ 45, mempertahankan kemerdekaan pers, membela hak-hak masyarakat untuk mengemukakan pikiran secara lisan dan tulisan serta giat mencerdaskan bangsa.
      3. Berperan aktif sebagai media informasi yang membangun kesadaran masyarakat Bandung khususnya dan Jawa Barat pada umumnya.

      Misi:

      1. Menjadi media rujukan informasi utama masyarakat dengan bersinergi dalam jaringan kerja PT. Pikiran Rakyat Bandung.
      2. Menjadi perusahaan yang mandiri dan menguntungkan secara bisnis, dengan secara aktif mendukung strategi pemasaran dan strategi pemberitaan media-media di lingkungan PT. Pikiran Rakyat Bandung.
      3. Membangun pengelolaan radio siaran yang profesional dengan berlandaskan aturan yang berlaku serta membuat pelaporan secara berkala sesuai jadwal waktu dan standar yang berlaku umum.



      Nama Perusahaan PT. Mustika Parahyangan

      Nama On Air  PR FM 107.5 News Channel

      Call Sign  PM 3 FHZ

      Daya Jangkau Bandung dan sekitarnya, Padalarang, Cianjur,   Sukabumi, Sebagian Kota Bogor, Sumedang, Jatinangor, Garut, Tasilmalaya, Ciamis.

      Nomor Izin ( ISR ) 0032177-000SU-202003

      Organisasi  PRSSNI No. 088-I/ 1978

      Rekening  BANK NIAGA CAB. BUAH BATU 028.01.09757.00.7

      NPWP  01.118.598.0-424.000

      Phone Office  022-4221400 / 4221075 (redaksi)

      Fax  022-4260595

      Alamat Studio Jalan Braga no 5 Bandung

       

          
          PENDENGAR KAMI

      •      Usia 19 – 50 Tahun
      •      Perempuan 40 %
      •      Laki-laki 60 %

       

          SES ( Status Sosial Ekonomi )

      •            A 30 %
      •            B 40 %
      •            C 25 %
      •            D 5 %

       

          PROFESI

      •            Mahasiswa 20 %
      •            Ibu rumah tangga 10 %
      •            PNS 10 %
      •            Pegawai Swasta 30 %
      •            Wirausaha 30 %

       

      STATUS PENDIDIKAN

      •           Universitas 65 %
      •           SMU 20 %
      •           SLTP 15 %

       

      Direksi dan Kru PRFM

      Direktur Drs. H. Wan Abas Dewan Redaksi Basith Patria, Priadi Zalman, Aris Hermasnyah Pemimpin Redaksi Muhammad Fauzi Manager Marketing Priadi Zalman Yudha; Iwan Bahtiar, Agus Rizwan  Manager Marcomm Aris Hermansyah; Meutia Santika, Dedy Mulyana News Presenter Nensi Krisna, Prasetyo Adhi, Basith Patria, Dudy Yudha, Heryana Surya, Dona Dameria, Ellang Hadibrata, Raditya Purnama, Iqbal Pratama, Kiki Hariyadi, Alexandria Redaktur Agam Amino, Muhammad Fauzi, Iman Ahmad Faizal, Shinta Puspita, Eko Aditya, Denis Febrian, Rajasa Perdamaian, Fahmi Alam, Agitya Zuniar Online & Social Media Rifky Abdul Fahmi, Hera Erawan Reporter Budi Satria, Tomy Riadi Produksi Agus Ridwan Adum Ari Aryani, Shandranika.



      Sejarah Singkat Radio PR FM 107.5 NEWS CHANNEL Bandung


          Pada awal berdirinya, stasiun radio yang disahkan oleh pejabat dari Direktorat Jenderal RTF ( Radio Televisi dan Film) Departemen Penerangan ini bernama “Parahyangan Radio”. Pada tahun 1981 “Parahyangan Radio” berubah menjadi “Mustika Parahyangan” sesuai dengan nama perusahaannya yaitu PT. Mustika Parahyangan dipimpin oleh Hilman BS dari Pikiran Rakyat.


          Sejalan dengan perkembangan waktu dan zaman, pada bulan Agustus 1989, Radio Mustika Parahyangan yang format siarannya mengarah pada segmen wanita, dialihkan kepemilikannya menjadi bagian dari Pikiran Rakyat Group dengan penanggung jawab Atang Ruswita yang saat itu sebagai Direktur Utama Pikiran Rakyat. Tepat pada tanggal 20 Maret 1990, dikeluarkan akta sekaligus diresmikan Radio Mustika Parahyangan yang beroperasi pada frekuensi 116 AM, dengan menginduk pada PT Pikiran Rakyat.

          Pada tahun 1994 terjadi perpindahan frekuensi AM ke FM. Setelah empat tahun beroperasi di frekuensi FM, Mustika mencoba merubah format siarannya.Tepatnya pada tahun 1998, format siaran segmen wanita berubah menjadi multi segmen. Namanya pun diubah lagi menjadi “Parahyangan FM” dengan menampilkan jenis musik dangdut dan lagu-lagu daerah. 


          Setahun kemudian, pada bulan Februari 1999, Mustika kembali lagi menjadi radio wanita dengan nama Mustika Parahyangan. Pada tanggal 1 Maret 1999  on air Radio Mustika bekerja pada frekuensi 107, 55 FM. 

       

      Pada April 2003, terjadi perubahan manajemen yang menyebabkan terjadinya revisi format siaran dengan statement positioning “Smart and Beauty”. Lokasi siarannya pun kemudian pindah dari Jalan Sekelimus Barat No 6 Bandung ke Lower Ground Floor 1-2 Mal Bandung Trade Center ( BTC) di Jalan Dr. Djundjunan ( Terusan Pasteur) No 143-149 Bandung. Tapi kemudian pada tahun 2006 studio Radio Mustika pindah lagi dari BTC ke Ruko Kopo Plaza Jl. Peta Bandung.


          Masih di bawah naungan Pikiran Rakyat Group, pada Januari 2009 Radio Mustika “Smart and Beauty” berubah nama menjadi Radio “PR FM”. Secara garis besar, materi siaran Radio PRFM pada awalnya tetap sama dengan Radio Mustika yaitu musik yang dibumbui berita dengan slogan “ Inspiring News ‘ n Music”.  


          Namun beberapa bulan kemudian format PRFM berubah menjadi radio berita yang berbasis Citizen Journalism seiring dengan dinamika dan perubahan minat masyarakat terhadap kebutuhan  informasi.


          Pada tanggal 8 November 2009 formatnya dipertegas menjadi radio berita dengan brand PRFM 107.5 NEWS CHANNEL , tagline-nya “Andalah Reporter Kami”. Informasi dari masyarakat/citizen tersebut kemudian dikembangkan menjadi berita radio yang lengkap, akurat dan berimbang. Para redaktur yang berperan sebagai gate keeper harus menindaklanjuti berbagai informasi dari warga itu kepada beragam nara sumber yang berwenang dan kompeten. Tercatat sebagai direktur PRFM, Drs. H. Wan Abas, mantan Manajer Iklan dan Wartawan Pikiran Rakyat yang melakukan perubahan  format dari musik menjadi citizen journalism.


          Untuk memaksimalkan kinerja dan lebih mendekatkan diri kepada masyarakat, maka pada bulan Maret 2010 Studio PRFM berpindah ke pusat kota di Jl. Braga No. 5 Bandung, kawasan bersejarah yang menjadi ikon Kota Bandung. Dengan menempati studio  baru di Jl. Braga, terjadi percepatan PRFM ke arah yang lebih bagus. PRFM menjadi radio berita berpengaruh dan dibutuhkan masyarakat dan pengiklan.